Daftar Isi

Masih loading ... sabar ya...
Widget by Blogger Bugis

Selamat datang

Like Facebook

Iklan Bloger

PPC Iklan Blogger Indonesia

Zona Iklan

Iklan Bloger

Saturday, January 26, 2013

Penyebab dan Solusi Tinta Printer Macet


Memperbaiki printer rusak tidak sulit dan juga tidak gampang, sulit karena tidak diketahui dan gampang karena sudah mengetahui sehingga menganggapnya gampang, meski begitu pada awalnya pasti sulit, apalagi sebagai seorang pengguna dan bukan seorang teknisi yang keseharian hanya bisa menggunakan printer untuk mencetak, sedangkan solusi perbaikan printer sederhana seperti, printer mencetak tapi tinta tidak keluar.
Penyebab dan solusi tinta printer macet dalam uraian artikel kali ini pada printer yang telah dimodifikasi, yaitu printer Canon Pixma iP 2770. Meskipun dalam penjelasan ini untuk printer Pixma iP 2770, namun pada prakteknya, hal ini dapat dilakukan pada printer jenis dan merek lainnya.
Penyebab dan Solusi Tinta Printer Macet

Penyebab dan Solusi Tinta Printer Macet

1. Tinta printer tidak bisa mengalir pada selang infus printer apabila mengalami kemasukkan udarah pada selang infus. Hal ini biasanya paling sering muncul, anda bisa perhatikan dibagian selang infus, biasanya ada gelembung udarah kecil disana, apabila ada gelembung maka sudah dapat dipastikan bahwa installasi modif printer tersebut sudah bermasalah.
Solusi untuk mengatasi penyebab kemacetan tinta karena kemasukkan udarah adalah dengan cara menutupi setiap cela yang memungkinkan untuk masuknya kembali udarah ke dalam selang infus printer. Sebagian besar persoalan terjadi pada sambungan antara selang dengan cartridge, pada sambungan tersebut kadangkala akibat terus bergeraknya head saat mencetak menyebabkan bergesernya sambungan sehingga muncul cela yang memicu masukkan udarah ke dalam selang infus. Setelah yakin bahwa saluran selang infus hingga cartridge tidak lagi bocor, silahkan baca Cara Mengalirkan Tinta pada Selang Infus Printer.
2. Tinta printer macet karena jarang digunakan. Ya, printer yang terlalu lama didiamkan bisa saja rusak dan tidak bisa mencetak, alias mencetak tapi hasilnya tidak ada atau mungkin hasilnya tidak utuh, mencetak hanya setengah, ini karena aliran tinta tidak lancar. Tinta printer termasuk sat yang mudah mengering sehingga apabila tidak digunakan sekian lama maka kemungkinan akan terjadinya pembekuan tinta di arena head pencetak, sehingga pasa saat proses pencetakan printer tidak bisa mengalirkan tinta dengan sempurna.
Solusi untuk mengatasi kerusakan ringan seperti di atas dapat dilakukan dengan cara memanasi bagian head cartridge agar tinda yang beku bisa mencair kembali sekaligus membuka saluran tinta agar mudah dialiri tinta. Gunakan air panas untuk mengurai tinta yang membeku di area head, ingat hanya sebatas head printer jangan seluruh bagian head dicelupkan dalam air, tetapi hanya bagian headnya saja kira-kira 1 cm.
Cara mengetahui penyebab tinta printer di atas sangat mudah dilakukan oleh siapa saja karena tidak membutuhkan alat khusus untuk memperbaikinya dan juga tidak membutuhkan software khusus. Solusi untuk mengatasi persoalan tinta printer tidak keluar,  juga dapat dilakukan dengan mudah karena tidak membutuhkan alat perbaikan, jadi siapapun bisa mengetahui penyabab dan solusi mengatasi tinta printer macet.

Efek Salju